Fakta - fakta Bait Allah

1. Bait Allah tidak hanya dibangun oleh Salomo
2. Bait Allah berlokasi di Yerussalem
3. Bait Allah dibagi menjadi 3 tempat yaitu : pelataran, ruang Kudus, ruang Mahakudus
4. Ada beberapa Bait Allah yang disebutkan di Alkitab yaitu :

  • Kemah Suci 



  • Bait Allah Salomo
          Bait Allah yang dibangun oleh Salomo ini terkesan lebih mewah dari sebelumnya. Bait Allah ini bisa disebut sebagai Bait Allah pertama karena kemah suci yang dibangun oleh Musa belum bisa disebut Bait. Awalnya Bait Allah akan dibangun oleh Daud, namun Allah kurang berkehendak karena Daud dianggap masih berlumuran darah(berdosa karena membunuh banyak orang). Bait Allah ini dibangun di atas gunung Moria, tempat Abraham mengorbankan Ishak.
         Perabotan yang ada di dalamnya masih sama dengan yang ada di Kemah Suci, jadi Salomo tidak membuat perabot baru. Tabut Perjanjiannyapun disimpan di Ruang Maha Kudus. 
         Namun sayangnya di hari tua Salomo Bait Allah dihancurkan oleh Nebukadnezar karena dosa Salomo yang menyembah berhala. Hal ini juga berdampak pada kehidupan bangsa Israel selanjutnya yaitu mereka dibuang ke Babel. Demikian juga Tabut Perjanjian yang juga dirusak dan diambil oleh bangsa Babel. 



  • Bait Allah Zerubabel
Zerubabel merupakan bupati Yehuda saat itu. Tujuan Bait Allah dibangun kembali adalah untuk mengembalikan Bait Allah yang telah dihancurkan. Namun pembangunan Bait Allah ini sempat terhenti, salah satunya adalah karena mendapat perlawanan dari musuh - musuh bangsa Yahudi. 
Bagian - bagian pada Bait Suci saat ini masih sama, namun bedanya adalah tidak adanya Tabut Perjanjian. 

  • Bait Allah Herodes
Pada masa pemerintahannya Herodes melakukan renovasi besar - besaran. Herodes yang saat itu menjadi raja Yahudi boneka Romawi membangun ulang Bait Allah dengan tujuan untuk mengambil hati orang - orang Yahudi yang membencinya. 
Pembangunan selama 46 tahun ini membuahkan hasil yaitu perluasan dan bangunannya menjadi lebih indah. Dibangun mulai tahun 19 SM dan baru selesai seluruhnya pada tahun 66 Masehi.


Bait Herodes


Comments

Popular Posts