10 Cloud storage


Banyak kemudahan yang ditawarkan oleh internet di jaman milenial ini. Mulai dari hal terkecil komunikasi hingga hal yang rumit seperti bisnis. Dan penyimpanan data merupakan salah satu yang ditawarkan oleh internet. Cloud storage merupakan media penyimpanan yang dalam pengaksesannya memerlukan jaringan internet. Namun pengguna tetap harus mengolah data melalui computer dan membuat akun terlebih dahulu.
Hal ini sangat memudahkan sekali bagi generasi di era yang sudah global ini. Banyak hal yang bisa nikmati dari penggunaan Cloud storage ini. Selain memudahkan menyimpan data, cloud storage ini mengefisiensikan waktu dan tempat dibandingkan menggunakan media penyimpanan seperti flashdisk maupun CD.
Akan tetapi disamping kelebihan dan keunggulan dari Cloud Storage, tidak lepas juga akan kekurangan system tersebut kekurangannya adalah terletak padahal keamanan. Setiap akun dilindungi oleh password yang bisa saja diketahui orang lain jika penggunatidak berhati-hati. Walaupun pengguna sudah begitu berhati-hati tetap tak menutup kemungkinan akun pengguna dibuka orang lain. Kekurangan lain adalah gangguan pada saat mengakses data entah itu disebabkan karena koneksi yang bermasalah atau server yang sedang down. Beberapa system cloud storage bahkan menyediakan fitur agar orang lain dapat mengakses data milik pengguna. Hal ini tentunya akan sangat memudahkan pengguna dalam pengerjaan sebuah proyek kolaboratif daripada bertukar salinan data baik secara online maupun offline. Sehingga pengguna harus dituntut menggunakan media ini secara bijak.
Berikut ini kami selaku penulis akan memaparkan beberapa jenis Cloud Storage yang umum, supaya pembaca bisa memanfaatkan Cloud Storage dengan baik.
1. Amazon Drive
            Amazon Drive, sebelumnya dikenal sebagai Amazon Cloud Drive, adalah aplikasi penyimpanan cloud yang dikelola oleh Amazon. Layanan ini menawarkan secure cloud storage, file backup, file sharing, Photo printing dan tambahan 5 GB untuk video dan file lain. Pengguna bisa share file, membuat tautan publik yang bisa diakses semua orang. sayangnya tidak bisa share folder. File bisa di upload lewat aplikasi desktop atau web nya. Aplikasi mobile nya bisa untuk mengupload video dan foto dari perangkat Android dan iOS.

2. Mega
Mega mungkin seperti sebuah nama layanan yang tidak asing.  Mega adalah layanan yang berasal dari file hosting megaupload.com yang merupakan layanan file download upload yang pernah sangat populer. Setelah megaupload.com ditutup, sekarang perusahaan tersebut meluncurkan Mega sebagai layanan penyimpanan berbasis awan atau cloud storage. Mega memberikan ruang penyimpanan gratis sampai 50 GB, ini tentu merupakan ruang penyimpanan yang cukup besar bisa Anda gunakan. Pengguna bisa melihat dan mengupdate file-file yang kamu simpan di MEGA lewat browser, klien app desktop sync, atau perangkat mobile seperti iOS, BlackBerry, Android, dan Windows Phone.
Harga :
  • Personal = Gratis $0 – 50 GB
  • Pro = $9.5 – 4 TB
  • 200GB for $5 a month
  • 1TB for $10 a month
  • 2TB for $20 a month
  •  8TB for $30 a month.

3. Bitcasa
Bitcasa adalah layanan cloud storage terbaik lainnya, layanan penyimpanan awan milik Bitcasa ini sangat mengutamakan keamanan data Anda yang meletakkan penekanan pada privasi data. Semua data disimpan di cloud storage Bitcasa akan terlebih dahulu dienkripsi sebelum di upload dan hanya Anda yang dapat melihatnya. Bitcasa ini memberikan ruang penyimpanan awan gratis sebesar 25 GB dan Anda dapat mengakses data Anda dari 3 perangkat yang berbeda dengan berbagai platform.

Harga :
  • Basic : Gratis – 25 GB
  • Deploy : $25 – 250 GB
  • Engage : $250 – 2.5 TB
  • Amplify : $1000 – 5 TB

4. BOX
Box adalah layanan cloud storage yang lebih populer dikalangan bisnis dan perusahaan, berbeda dengan dropbox yang lebih populer dikalangan individu. Box memberikan Anda 10 GB penyimpanan gratis untuk penggunaan pribadi. Dengan account pribadi Anda hanya dapat meng-upload file yang lebih kecil karena dibatasi 250 MB saja ke media cloud storage box. Anda juga dapat mengakses file Anda dengan menggunakan berbagai macam perangkat dan platform dengan berbagai sistem operasi.
Harga :
  • Personal : Gratis $0 – 10 GB
  • Personal pro : $11.50 / bulan – 100 GB
5. SpiderOak
SpiderOak adalah layanan cloud storage yang juga lebih menekankan pada privasi data Anda, sehingga mereka menjamin akan keamanan data Anda yang tersimpan pada layanan cloud storage miliknya. SpiderOak hanya memberikan sedikit ruang penyimpanan awan mereka yang hanya sebesar 2 GB secara gratis, tapi Anda masih dapat meningkatkan kapasitas ruang penyimpanan awan Anda sampai 10 GB dengan mengajak teman-teman Anda untuk menggunakan SpiderOak (Anda mendapatkan 1 GB untuk setiap teman Anda yang Anda ajak mau menggunakan layanan SpiderOak).
Harga :
  • Personal : $7 – 30GB
  • Pro : $12 – 1TB

6. Copy
Copy merupakan layanan penyimpanan awan yang cocok untuk perseorangan ataupun pelaku bisnis. Ketika mendaftar Anda akan mendapatkan kapasitas gratis sebesar 15GB, sama seperti Google Drive dan OneDrive. Salah yang menarik dari Copy adalah kemampuannya untuk membagikan jatah file yang di-share.
– Kelebihan : Copy sangat mudah digunakan dan Anda akan mendapatkan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 20 GB. Biaya yang ditawarkan untuk berlangganan juga tidak terlalu mahal.
– Kekurangan : Sama seperti Dropbox, layanan versi web-nya kurang begitu baik jika dibandingkan dengan aplikasi desktop atau mobile-nya.
7. Analisis PromptFile
PromptFile adalah website sederhana tanpa fitur berlebih, layanan ini menawarkan kapasitas menyimpan data di internet secara gratis 250 GB tanpa batasan upload/download. File apapun bisa di-upload dari komputer, FTP, atau remote URL selama tidak lebih besar dari 5 GB.Pengguna bisa share file (bukan folder) dengan siapa saja, dan bisa juga streaming musik dan video tanpa download. Kekurangannya adalah tidak bisa memindahkan file ke folder karena tidak tersedia fitur drag and drop. Jadi harus manual. Membuat folder lewat FTP juga tidak bisa. PromptFile bisa digunakan tanpa registrasi, tapi bakal ada pembatasan.

8. pCloud
Kapasitas penyimpanan cloud 10 GB untuk menyimpan data di internet secara gratis ditawarkan oleh pCloud dengan kemungkinan bertambah hingga 20 GB jika pengguna merekomendasikan-nya pada orang lain. App desktop client bisa di install pada sistem operasi Windows, Mac, dan Linux. Ada juga app mobile untuk iOS dan Android yang sangat intuitif dan mudah digunakan.
Pengguna bisa menambahkan file ke pCloud dengan remote URL baik satu file maupun satu folder, lewat browser.Aplikasi mobile nya bisa meng-upload foto dan video langsung ke akun pCloud. Baik file dan folder bisa di-share ke yang bukan pengguna pCloud sekalipun. Folder-nya bahkan bisa di-download dalam format ZIP.
pCloud juga menyediakan tautan unik dimana siapapun bisa mengirim file lewat URL unik tadi langsung ke akun. Sebuah alamat email unik juga akan dibuat jika sewaktu-waktu pengguna (atau orang lain) mengirimkan email berisi file yang langsung tersimpan pada folder pCloud.
Sebagai tambahan, pengguna juga bisa melakukan backup foto dari akun sosial media-mu seperti Facebook, Instagram, dan Picasa.
Harga :
-          500GB : $ 175 ($ 480 tanpa promosi)
-          2TB : $ 350 ($ 980 tanpa promosi).

9. FlipDrive
Pengguna FlipDrive baru akan mendapatkan kapasitas menyimpan data di internet secara gratis sebesar 10 GB yang masih bisa bertambah seiring kita merekomendasikan FlipDrive ke rekan-rekan.
Tidak tersedia aplikasi mobile atau desktop yang mempermudah kita upload file ke FlipDrive, jadi satu-satunya pilihan adalah lewat web. Meski begitu, kita bisa upload 1 folder sekaligus.
Pengguna bisa share file dengan siapa saja walau mereka tidak memiliki akun FlipDrive. Walaupun begitu, mengakses folder yang di-share membutuhkan akun FlipDrive.
Pengakses bisa diberikan permissions beragam: write, edit, delete, share. Pengguna bisa membuat hingga 10 tautan share dan upload file maksimal 25 MB.
Harga :
- 25GB : $5 per month
- 100GB : $10 per month
- 250GB : $20 per month



10. Adrive
ADrive adalah layanan cloud storage yang juga memberikan ruang penyimpanan yang besar, Adrive memberikan 50 GB penyimpanan awan gratis dengan rekening pribadi. Tapi ada kelemahan menggunakan layanan ini yaitu dengan akun gratis akan kehilangan fitur terbaik dari ADrive seperti upload file yang mencapai 16 GB dan juga harus rela terganggu dengan iklan di aplikasi ADrive pada Android dan iOS.
Harga :
  • Personal = Gratis $0 – 50 GB
  • Pro = $25 – 100 GB – 20 TB+
  • Business = $70 – 200GB – Unlimited



Comments

Popular Posts